Home » Budi Pekerti » Budi pekerti teladan sang Rasul….

Budi pekerti teladan sang Rasul….

November 21, 2017 1:08 pm by: Category: Budi Pekerti 8 Comments A+ / A-

nabawi
“Sesungguhnya sudah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu. Yaitu bagi yang mengharap rahmat Allah dan hari kiamat dan yang banyak menyebut Allah”. (QS, Al Ahzab:21). ”Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berahlak /budi pekerti agung” (QS, Alkalam :4).

Nabi Muhammad saw sebagai panutan.

Nabi Muhmmad adalah contoh pribadi ideal yang dianugerahkan Allah untuk umat manusia. Beliau  mendapat tugas yang mulia, seperti yang disampaikannya bahwa : “sesungguhnya aku diutus ke dunia tidak lain adalah untuk menyempurnakan ahlak (budi pekerti)” (HR Malik, Ahmad, Al Baihaqi).

Nabi sendiri memang sudah mempunyai pribadi yang baik, kemudian ditambah dengan firman yang disampaikan Allah, membuat ajaran islam menjadi sempurna. Ajaran tersebut kemudian harus dapat diterapkan ; Jika kamu mencintai Allah, maka ikutilah aku (Muhammad), hingga Allah mencintai dan mengampuni dosa kalian.” {QS:3:31}.

Tugas Nabi bukanlah perkara yang mudah, selain harus melakukan sosialisasi dan memberi contoh, nabi saw  juga harus mampu melaksanakan semua perkataanya dalam kehidupan sehari-hari, tanpa kesalahan dan kelalaian sedikitpun. Sedikit saja ada  kesalahan, kelak  akan dicontoh oleh umatnya. Beberapa  bukti/ pendapat dari orang-orang yang ada :

makamAisyah (istri Rasul) : “Tidak ada seorangpun yang ahlaknya lebih baik dari Rasululllah saw, setiap kali sahabat ataupun istrinya memanggil beliau, pastilah beliau menjawab “aku penuhi panggilanmu” (HR. Ahmad).

Pembantu Rasul. Hadis riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata: Aku melayani Rasulullah saw. selama sepuluh tahun. Demi Allah! Beliau sama sekali tidak pernah mengatakan kepadaku: Hus! Beliau juga tidak pernah mengatakan kepadaku sesuatu seperti: Kenapa kamu kerjakan itu? Kenapa kamu tidak mengerjakan ini. (Shahih Muslim No.4269)

Penampilan.

Tampan. Rasulullah saw adalah seorang yang sangat tampan wajahnya, sangat luhur budi pekertinya, tidak terlalu jangkung dan tidak pula terlalu pendek (HR. Bukhori) Rasulullah berperawakan sedang, berpundak lebar dan berambut lebat sampai ke daun telinga. Beliau suka mengenakan pakaian warna merah. Aku sama sekali tidak pernah melihat sesuatu yang lebih bagus dari pada   Rasul saw (Shahih Muslim No.4308). Dalam hadist lain juga ditambahkan bahwa perut beliau rata, tidak cekung dan tidak buncit. 

Jujur, riang, ramah dan pemalu.

Jujur. Sejak kecil  selama 40 th sebelum jadi rasul, Muhammad sudah diberi gelar Al Amin karena kejujurannya , kaumnya berkata : “Kami belum pernah mendapatimu berbohong sedikitpun” (HR. Muslim),

nabiRiang dan santun.Rasullulah selalu tampak riang, ramah bergaul, bersikap lemah lembut, tidak keras, tidak kasar, serta tidak suka berteriak-teriak di pasar, tidak berkata-kata kotor serta tidak suka mencela maupun memuji” (HR Tarmizi, At Tabrani).

Pemalu. Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri ra.,: “Rasulullah saw. lebih pemalu daripada seorang gadis perawan di dalam kamarnya. Jika beliau tidak menyukai sesuatu kami dapat mengetahui dari raut wajahnya”. (Shahih Muslim No.4284).

Rendah hati.

Melakukan pekerjaan sendiri. Aisyah :”Beliau melakukan sendiri seperti apa yang dilakukan oleh sebagian orang diantara kalian, yakni menjahit sandal dan baju” (HR. Ahmad).

Sosial. Anas ibn Malik : ”Rasul saw biasa memenuhi undangan budak, menjenguk orang sakit dan menunggang keledai” (HR Muslim).  bahwa Nabi telah memasuki rumah seoranga Arab desa (Badui) untuk menjengguknya (ketika sakit)’lalu Nabi bersabda,”Tidak apa-apa, suci (bersih) insya Allah (jika Allah menghendaki).”  (HR. Bukhari) .

women.Menghormati  wanita dan anak-anak.  Rasulullah saw. pernah melewati masjid dan melihat sekelompok wanita sedang duduk-duduk, maka beliau melambaikan tangan seraya negucapkan salam  (HR Tarmizi)* Rasulullah melewati anak-anak lalu beliau mengucapkan salam kepada mereka. (Anas bin Malik, Shahih Muslim).   

Tidak egois. Qudaimah : “Aku melihat Rasul saw melontar jumrah dari atas unta berwarna kelabu, beliau tidak memukul, mengusir, atau mengatakan minggir…minggir…”(HR. Tirmizi, Ibu Majah).

Menghormati orang banyak. Nabi SAW melewati  suatu  majelis yang didalamnya telah tercampur kaum muslimin, golongan yang berbeda keyakinan, mereka yang menyembah berhala serta orang-orang Yahudi.  Lalu Nabi mengucapkan salam kepada mereka. (HR Bukhori, Muslim).

Tidak rewel : “Rasulullah SAW sama sekali tidak pernah mencela makanan, apabila ia suka sesuatu ia makan dan jika tidak, maka ia tinggalkan”. (HR. Bukhari Muslim).

Dermawan.

dermawanPaling dermawan.  Ibu Umar RA : “Aku tidak pernah melihat seorangpun yang lebih demawan, lebih pemberani dan lebih menyenangkan daripada Rasulullah saw” (HR. Ad Darimi).

Selalu memberikan. “Setiap kali Rasul/Nabi saw diminta sesuatu pasti beliau memberikannya” (HR Muslim).  “Rasul/Nabi saw tidak pernah mengucapkan “tidak” ketika diminta sesuatu” (HR. Bukhari).

Dermawan dalam kebaikan. Ibnu Abbas ra., ia berkata: Rasulullah saw. adalah orang yang paling dermawan dalam hal kebaikan. Beliau lebih dermawan lagi pada bulan Ramadan. Sesungguhnya malaikat Jibril as. bertemu dengan beliau setiap tahun pada bulan Ramadan sampai selesai. Rasulullah saw. membaca Alquran di hadapannya. Saat Rasulullah saw. bertemu dengan malaikat Jibril, maka beliau adalah orang yang paling dermawan dalam hal kebaikan melebihi angin yang berhembus. (Shahih Muslim No.4268).

Pemberani.

perangPaling depan dan terampil.  Ali r.a. : “aku teringat akan perang Badar, ketika itu kami berlindung kepada Rasul/Nabi saw, diantara kami semua beliau yang paling dekat jaraknya dengan musuh, Beliau adalah orang terhebat (dalam bertempur) pada hari itu” (HR. Ahmad).

Tangguh, berani menanggung resiko. Al Barra : Ketika orang musyrik mengepung Rasul saw, beliau turun dan bersabda : “Aku adalah Rasul/nabi, Aku tidak berbohong, Aku adalah cucu Abdul Muthalib”, Pada hari itu tidak ada seorangpun yang lebih tangguh dari Rasul/Nabi saw (HR. Bukhari).

Pemaaf.

Memaafkan orang yang akan membunuhnya. Jabir bin Abdullah r.a  : ” Ketika perang  dengan pasukan Musharib, seseorang menguhuskan pedang kepada rasul dan berkata : “siapakah yang dapat menyelamatkanmu dariku?”,  “Allah”  jawab beliau. 86139_pedang_nabi_muhammad_saw_300_225Tiba-tiba pedang orang tersebut terlepas dan Rasulpun memungutnya  dan balik bertanya : “Siapakah yang dapat menyelamatmu dariku?”.
Orang itu meminta : “jadilah orang yang paling baik dalam mengambil keputusan”. Beliau bertanya : “apakah kamu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan percaya bahwa Aku adalah utusan Nya?” orang itu menjawab : “tidak, hanya saja aku tidak akan memerangimu, tidak bergabung dengan mu dan tidak bergabung dengan kaum manapun yang memerangimu”, lalu Rasul membiarkannya pergi. (HR Ahmad, Said ibnu mansyur, sanad shahih).

 Tidak membalas orang yang telah menyihirnya . Zaid ibnu Aqram bercerita : seorang Yahudi menyihir Rasulullah saw sampai-sampai beliau merintih sakit selama beberapa hari.  Malaikat Jibril mendatangi beliau berkata : ”Seorang Yahudi yang telah menyihirmu dengan membuat membuat beberaa iktan (buhul sihir) terhadapmu”.  Maka rasul meminta Ali untuk mengeluarkan buhul sihir itu dan membawanya (kepada beliau), Setiap kali Ali melepaskan buhul sihir, beliau merasakan ringan karenannya. Kemuidan Rasulullah bangkit seakan baru terlepas dari sekian banyak belengu. Beliau tidak mengatakan hal itu kepada si yahudi, bahkan sampai beliau sama sekali tidak pernah melihatnya lagi (Bukhori, Muslim).

Menyayangi keluarganya.

pasutriSayang dan lembut kepada istri. Nabi adalah orang yang penyayang lagi lembut. Dan beliau menjadi orang yang sangat lembut dan paling banyak menemani ketika istrinya sedang mengadu dan sakit (HR. Bukhari, Muslim).

Akrab. Aisyah : ”Rasulullah bertanding dengan saya dan saya menang, kemudian saya berhenti sehingga badan saya menjadi gemuk. Lalu kami bertanding lagi dan Rasulullah menang, Ia bersabda: “kemenangan ini untuk kemenangan waktu itu/seri”.  (Achmad, Abu Dawud).

Menyayangi anak. Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Aqra` bin Habis pernah melihat Nabi saw. sedang mencium Hasan. Dia (Aqra` bin Habis) lalu berkata: Sesungguhnya aku mempunyai sepuluh orang anak namun aku tidak pernah mencium satupun dari mereka. Kemudian Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya barang siapa yang tidak menyayangi maka dia tidak akan disayangi. (Shahih Muslim No.4282)

Menyayangi umatnya.

Sungguh telah datangkepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginghinkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasih lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin (QS, 9:128)

Ketika akan wafat terdengar Rasulullah memekik, karena sakit yang tak tertahankan lagi. “Ya Allah, dahsyat nian maut ini, timpakan saja semua siksa maut ini kepadaku, jangan pada umatku”. Ali lantas mendekatkan telinganya. “Uushiikum bis-shalaati, wamaa malakat aimaanukum – peliharalah shalat dan peliharalah orang-orang lemah di antaramu. Ali kembali mendekatkan telinganya ke bibir Rasulullah yang mulai kebiruan. “Ummatii, ummatii, ummatiii!” – “Umatku, umatku, umatku…” Sampai akhir hayat Rasulullah masih menyayangi dan memikirkan umatnya….

originalMasih banyak lagi sifat-sifat positif dari sang Rasul.

Mulailah berubah dari diri kita sendiri : Jika kamu mencintai Allah, maka ikutilah aku (Muhammad), hingga Allah mencintai dan mengampuni dosa kalian.” {QS:3:31}. 

Sambil belajar berubah, kita bisa sekaligus memberikan contoh budi pekerti  seperti nabi :  baik kepada keluarga, rekan kita, masyarakat sekitar, maupun kepada bangsa ini, mungkin kehidupan akan berjalan lebih baik dan akan saling bersinergi. Konflik-konflik yang membuang energy akan berkurang dan kita akan menjadi bangsa yang lebih produktif.

“Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang-orang yang mengikuti-nya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun, barang siapa yang mengajak orang kepada keburukan, maka dia akan mendapatkan dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun“ (HR. Muslim).

Download PDF
Budi pekerti teladan sang Rasul…. Reviewed by on . “Sesungguhnya sudah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu. Yaitu bagi yang mengharap rahmat Allah dan hari kiamat dan yang banyak menyebut “Sesungguhnya sudah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu. Yaitu bagi yang mengharap rahmat Allah dan hari kiamat dan yang banyak menyebut Rating: 0

Comments (8)

  • DoriCBline

    We have been surfing online a lot more than 2 hours
    today, yet I never found any interesting article like yours.

    It really is pretty worth enough for me personally. Personally, if all
    web owners and bloggers made good content as you
    did, the net will be much more useful than previously.

    Check out my web site … DoriCBline

  • LuisRWollner

    This article is in reality a nice one it helps new net
    users, who are wishing for blogging.

    My web-site; LuisRWollner

  • JerryAVarona

    Thanks for that marvelous posting! I really enjoyed reading it,
    you may be a great author.I will always bookmark your blog site and certainly will return down the road.
    I want to encourage you continue your great work, use a nice
    evening!

    My homepage: JerryAVarona

  • MonteEKenner

    Quality articles may be the secret to attract the people to visit the website, that’s what this site
    is providing.

    My webpage – MonteEKenner

  • LeviFRuman

    This really is a topic that may be near to my heart…
    Cheers! Where will be the contact information though?

    Review my weblog :: LeviFRuman

  • AmyYGormally

    Your thing is unique as compared to other folks I’ve
    read stuff from. I appreciate you for posting when you have the
    opportunity, Guess I’ll just bookmark this website.

    My web blog … AmyYGormally

  • JaniYRoney

    Thanks for sharing your thoughts about other.
    Regards

    my blog JaniYRoney

  • DarwinPSteed

    Every weekend i used to pay a visit this website, because i want enjoyment, as this this site conations
    actually pleasant funny information too.

    My website … DarwinPSteed

Leave a Comment


− 1 = seven

scroll to top
Translate »
Facebook