Home » Budi Pekerti » Berupayalah menjadi orang baik, insha Allah mendapat balasan kebaikan di dunia dan akhirat.

Berupayalah menjadi orang baik, insha Allah mendapat balasan kebaikan di dunia dan akhirat.

January 14, 2018 11:07 am by: Category: Budi Pekerti Leave a comment A+ / A-

picture1Awal tahun baru adalah moment yang baik untuk berubah menjadi lebih baik. Akan mulia dan menguntungkan sekali jika kita mampu berubah menjadi lebih baik, bahkan menjadi orang yang paling baik.

Kalender tahunan.

Allah telah menentukan bahwa bilangan tahun adalah 12 bulan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenai 2 jenis kalender sesuai ketetapan Allah : “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus………..” (QS, 9:36).

Kalender peredaran bulan (Qomariyah), biasa disebut kalender Islam.

Kalender ini dibuat setelah Nabi wafat, karena sebelumnya Islam hanya mengenai tanggal dan bulan, tetapi tidak memakai tahun. Kalender ini biasanya dipakai untuk menentukan waktu ibadah, seperti waktu untuk puasa Ramadhan, Haji, dll :  “Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui”. (QS, 10:5). 

Kalender Masehi memakai peredaran matahari (memakai peredaran matahari).

Kalender ini dimulai sejak Nabi Isa lahir, biasa dipakai untuk perekonomian/mencari nafkah : “Dan Kami jadikan malam dan siang (peredaran matahari) sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari karunia (mencari nafkah) dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas”. (QS, 17:12). Sesuai ayat di atas kalender ini dipakai untk mencari nafkah/bisnis karena lebih mudah, di arab pun tetap memakai kalender masehi untuk berbisnis.

Agama mendorong kita untuk berbuat baik.

Diawal tahun ini, akan baik sekali jika kita me-reset kembali perjalanan kita dan melakukan kalibrasi untuk menuju kebaikan, bahkan untuk berusaha menjadi manusia yang paling baik.

Agama selalu menganjurkan kita agar berbuat baik dengan beribadah kepada Nya dan juga dengan membantu orang lain yang membutuhkan, baik dari sisi materi, tenaga maupun pemikiran. Perbuatan baik akan mendapatkan di dunia dan akhirat : “(Allah telah menurunkan) kebaikan”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa” (QS, 16:10).

Islam mengajarkan kita berbuat baik terhadap semua mahluk.  Jika semua berbuat baik, maka kehidupan di dunia, baik kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat, kehidupan bernegara dan kehidupan berbangsa akan menjadi baik dan  indah. 

Manfaat melakukan perbuatan baik :

Berbuat baik adalah perbuatan mulia, perbuatan baik seperti beribadah dan menolong orang lain, tidak akan mendatangkan kerugian, namun akan mendatangkan keuntungan jika dilakukan dengan tulus dan ihlas. Beberapa keuntungan berbuat baik :

 300xauto-ambil-upah-dari-uang-sedekah-bolehkah-151110i1.Sekecil apapun kebaikan akan dibalas : 

“Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat atompun, niscaya dia akan melihat balasannya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat atompun, niscaya dia akan melihat balasannya (QS 99 :7-8).

 2. Setiap kebaikan akan dibalas kebaikan: 

Tidak ada kerugian sama sekali bagi kita, jika kita melakukan perbuatan baik, karena Agama menjamin semua perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan : “Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)” (QS, 55:60).

3. Balasan di dunia dan akhirat.

Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sungguh akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sungguh akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (QS,16:97).

4.Mendapat apa yang diinginkan. 

“Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa: “Apakah yang telah diturunkan oleh Tuhanmu? : “Mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki pada sisi Tuhan mereka. Demikianlah balasan orang-orang yang berbuat baik (amal dan ibadah)”, (QS, 39:34).

Orang yang paling baik.

Banyak sekali perbuatan baik, mulai dari senyum, membuang duri  di jalan, bahkan niat positive sudah menjadi perbuatan baik. Ada juga perbuatan yang dinilai akan merubah kita menjadi orang paling baik baik, beberapa ayat dan hadist terkait antara lain : 

ges1. Beriman dan beramal saleh. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh (perbuatan baik) mereka itu adalah sebaik-baik makhluk”. (Qs: 98:7).

2.Bertaqwa : “Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah diantara kalian adalah orang yang paling bertaqwa”. (QS. al-Hujurat: 13).

orang-tua3.Berbakti kepada orang tua. “Barang siapa yang berbuat baik kepada orang tuanya, akan menjadilah ia sebagai orang yang paling baik dan akan dipanjangkan umurnya” (HR Bukhori, Muslim).  “Bersyukurlah (berterima kasihlah) kepada KU dan kepada orang tuamu, niscaya AKU akan menjagamu dari berbagai macam bencana, memanjangkan usiamu, menghidupkanmu dengan kehidupan yang baik dan membalikan keadaanmu kepada yang lebih baik dari sebelumnya”. (HR. Asakir, Jabira)

4.Berahlak yang baik. “Sesungguhnya sebaik-baik manusia adalah yang paling baik ahlaknya” (HR. Muslim). “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian islamnya adalah yang paling baik akhlak jika mereka menuntut ilmu.” (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ (no. 3312)

5.Baik terhadap keluarganya. “Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.” (H.R Tirmidzi Ash Shahihah no. 285).

6.Memberikan makanan. “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang memberikan makanan.” (HR.  Ahmad dan dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no. 3318)

Guru-Ngaji7.Belajar Al-Quran dan mengajarkannya. “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” (Hadits riwayat Bukhari).

8.Paling bermanfaat bagi manusia.  “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” Hadits dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ (no. 3289).

9.Paling diharapkan kebaikannya dan paling jauh keburukannya“Maukah kalian aku beritahukan sebaik-baik dan seburuk-buruk orang dari kalian?” Mereka terdiam, dan Nabi bertanya seperti itu tiga kali, lalu ada seorang yang berkata: “Iya, kami mau wahai Rasulullah, beritahukanlah kepada kami sebaik-baik dan buruk-buruk kami,” beliau bersabda: “Sebaik-sebaik kalian adalah orang yang diharapkan kebaikannya dan sedangkan keburukannya terjaga…” Hadits riwayat Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ (no. 2603)

10.Tidak ingkar melunasi hutang. Semua perbuatan bisa dimaafkan Allah kecuali hutang, hal tsb harus diselesaikan antar sesama manusia, “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam membayar hutang.” Muttafaqun ‘alaih

35berdoa11.Panjang umur dan baik perbuatannya. Seorang Arab Badui berkata kepada Rasulullah saw: “Wahai Rasulullah, siapakah sebaik-baik manusia?” beliau menjawab: “Siapa yang paling panjang umurnya dan baik amalannya.” Hadits riwayat Tirmidzi dan dishahihkan oleh al-Albani di dalam Shahihut Targhib wat Tarhib (no. 3363).

Semoga kita mampu melaksanakan dan mengajak keluarga dan rekan untuk berusaha menjadi orang yang paling baik. “Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang-orang yang mengikuti-nya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun “ (HR. Muslim). 

 

Download PDF
Berupayalah menjadi orang baik, insha Allah mendapat balasan kebaikan di dunia dan akhirat. Reviewed by on . Awal tahun baru adalah moment yang baik untuk berubah menjadi lebih baik. Akan mulia dan menguntungkan sekali jika kita mampu berubah menjadi lebih baik, bahkan Awal tahun baru adalah moment yang baik untuk berubah menjadi lebih baik. Akan mulia dan menguntungkan sekali jika kita mampu berubah menjadi lebih baik, bahkan Rating: 0

Leave a Comment


+ 9 = twelve

scroll to top
Translate »
Facebook