Jauhi semua yang memabukkan, agar kamu beruntung.

download“Hai orang-orang beriman, sesungguhnya meminum khamar, berjudi, berkorban untuk berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan” (QS 5:90).

Tuhan ingin semua umatnya sehat, produktif, makmur dan rajin beribadah. Tuhan meminta agar kita menjauhi Khamar dan segala jenis apa saja yang memabukkan. Tuhan menjanjikan bila kita menjauhi hal tersebut, maka kita akan beruntung.

hobby_005_resize480Segala hal yang memabukkan/ membahayakan, seperti miras / minuman oplosan, narkoba, obat obatan, lem aibon (aromatik), sampai jenis music tertentu yang merusak otak adalah dilarang dalam islam, karena akan sangat merugikan. Betapa tidak, selain merusak fisk, juga akan merusak otak dan mental.  Bahkan akibat ketagihan /sakau narkoba seorang anak akan berani mengancam membunuh orang tuanya untuk meminta uang, sementara ketika harta orang tuanya habis dikuras, masa depan keluarga lainnya juga akan terbengkalai.

Tegarlah mengadapi cobaan.

Hidup adalah cobaan 

Banyak orang terjebak narkoba karena frustasi, dan tidak tahan cobaam menghadapi cobaan ; “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan”.(QS,21:35). Ingatlah hidup hanya sementara, lebih baik kita persiapkan kehidupan akhirat.

Picture4Tuhan meminta agar kita tidak berputus asa, Allah maha pengampun. 

“Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.(QS, 39:53). Agama meminta kita untuk tabah, seberapapun dosa yang telah dilakukan mintalah ampunan, karena Tuhan maha pengampun.

Tuhan meminta agar kita tidak merusak diri sendiri dan juga orang lain. 

“Janganlah kamu mencampakkan diri kamu ke dalam kebinasaan” (QS, 2:195), Jangan membuat bahaya dan membalas bahaya”. (HR. Ahmad, Ibu Majah). “Janganlah kamu membunuh diri-diri kamu, karena sesungguhnya Allah maha belas kasih kepadamu”. (QS, An Nisa:29). 

 buwas“Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi” (QS, 2:11), “janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan”. (QS, 2:60).  Ada beberapa Negara yang tampaknya sengaja mengirim bahan berbahaya/merusak seperti narkoba  untuk membuat bangsa kita menjadi hancur. Dalam hal ini kita diminta untuk mencegah, menjauhi dan tidak memakai/merusak diri sendiri.

Jauhilah Miras dan Narkoba.

Miras, narkoba, lem aibon, obat oplosan dll yang memabukkan akan merusak diri kita dan menghancurkan keluarga kita, bahkan dalam skala besar akan merusak suatu bangsa. 

poster-anti-narkoba_juara-10copy“Segala yang memabukkan berarti arak dan arak adalah haram” HR.Muslim) “Yang dinamakan arak adalah apa-apa yang dapat menutupi pikiran”.(HR. Bukhari, Muslim) “Segala macam minuman yang memabukkan hukumnya adalah haram”.(HR. Bukhari) 

“Hai orang-orang beriman, sesungguhnya meminum khamar, berjudi, berkorban untuk berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji, termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan” (QS 5:90).

“Minuman apapun jika banyaknya memabukkan, maka sedikitnyapun adalah haram” (HR. Ahmad, Abu Daud, Tarmizi). “Minuman apapun jika sebanyak qurf dapat memabukkan, maka sepenuh tapak tangan adalah haram”.(HR. Ahmad, Abu Daud, Tarmizi). Sedikitpun dilarang karena tetap akan merusak tubuh kita secara perlahan.

Miras sebagai obat?

Tuhan menggariskan bahwa kita tetap harus menjauhi drug/ miras : Jika mereka bertanya tentang minuman khamar dan judi, katakanlah : “Pada keduanya terdapat dosa dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya” (QS, 20:219)

“Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit dan obat, dan menjadikan bahwa segala macam penyakit ada obatnya, oleh karena itu berobatlah, tetapi jangan dengan yang haram” (HR. Abu Daud).

“Sesungguhnya Allah tidak mengadakan kesembuhan dengan sesuatu yang Dia diharamkan terhadap kamu”. (HR. Bukhori). “Arak itu bukan obat, tetapi penyakit “. (HR. Muslim, Ahmad, Abu Daud, Tarmizi).

Semua rantai bisnis narkoba/ miras dilarang.

nkbJangan meminum, menjual dan mendukung.   “Sesungguhnya Allah telah mengharamkan arak, maka barang siapa yang telah mengetahui ayat ini dan dia masih mempunyai arak walau sedikit, jangan meminumnya dan jangan menjualnya” (HR.Muslim). “Barang siapa yang beriman kepada hari akhir, janganlah / hindarilah duduk pada suatu hidangan (jamuan) yang padanya diedarkan arak”. (HR. Ahmad) 

10 Rantai bisnis miras dan narkoba yang dilarang. “Rasulullah tidak suka tentang arak terhadap sepuluh golongan : (1). Yang memeras, (2) Yang minta diperaskan, (3) Yang meminumnya, (4) Yang membawanya, (5) Yang meminta memesan, (6) Yang menuangkannya, (7) Yang menjualnya, (8) Yang memakan uangnya, (9) Yang membelinya, dan (10) Yang minta dibelikan”. (HR. Ahmad, Tarmizi)

Berhentilah.

Jika ada diantara yang tidak tahu atau terlanjur terjebak dengan Miras/ narkoba, sebaiknya mulai sekarang kita berhenti dan menjauhi.

Tuhan menerima taubat. 

“Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertobat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar”(QS, 20:82)“Apabila hambaku bertobat kepada KU, niscaya Kubuat semua anggota tubuhnya melupakan perbuatannya dan Kubuat tempat tinggalnya melupakan perbuatannya, serta Kubuat para malaikat pencatat amalnya melupakan perbuatannya, sehingga mereka tidak dapat memberikan kesaksian yang memberatkan” (HR. Ibnu Asakir) 

eee1Jangan menjadi antek. 

“Dan janganlah kamu mentaati perintah orang yang melewati batas, yang membuat kerusakan di muka bumi dan tidak mengadakan perbaikan”. (QS, 26:151) . “Dan berbuat baiklah, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik “(QS, 2:197). “Dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dan yang mengadakan perbaikan” (QS, 2:22).

Penutup.

Sesuai ayat-ayat di atas diharapkan kita dapat menjaga diri kita, keluarga kita dan juga lingkungan kita dari Miras dan Narkoba, serta perbuatan lain yang tidak produktif.
“Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang-orang yang mengikuti-nya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun, barang siapa yang mengajak orang kepada keburukan, maka dia akan mendapatkan dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurango dosa mereka sedikitpun“ (HR. Muslim). 

 

Download PDF

Leave a comment


3 − three =

Translate »
Facebook