Home » Budi Pekerti » Perbuatan Dosa akan akan menghilangkan rezeki kita.

Perbuatan Dosa akan akan menghilangkan rezeki kita.

December 25, 2017 12:23 am by: Category: Budi Pekerti 9 Comments A+ / A-

comp2

Agama islam mengajarkan tentang cara hidup yang baik, yang akan membawa kita selamat sejahtera di kehidupan dunia dan akhirat. Intinya ajarannya adalah bertakwa kepada Allah, berbuat baik bagi semua mahluk (stake holder) dan larangan berbuat kerusakan. Pelanggalaran larangan akan membuat hidup kita di dunia dan akhirat menjadi susah. 

Larangan utama / dosa besar.

Ada larangan utama /dosa besar dalam Islam yang harus dihindari dan hanya bisa dihapus jika benar-benar bertaubat, antara lain ;

1. Jangan menyekutukan Tuhan.  

 07210-sihirdandukundalamislam-tamanberbagi“Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka, dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar”. Demikian itu yang diperintahkan kepadamu supaya kamu memahami (QS, 6:151).

Menyembah selain Allah, minta tolong dukun, berkonsultasi dengan orang pinter, minta saran peramal dll, adalah perbuatan menyekutukan Allah  yang dilarang dalam agama Islam. 

 2. Jangan membunuh mahluk bernyawa.

picture1Membunuh seseorang adalah dosa besar , Allah swt berfirman “Oleh karena itu Kami tetapkan bagi Bani Israel (berlaku juga bagi yang lain), bahwa: barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya………”(QS, 5:32).

“Dosa-dosa paling besar yaitu: 1. Menyekutukan Allah dengan sesuatu.  2. Membunuh yang bernyawa (kecuali yang dibenarkan menurut hukum Islam)”. HR Bukhori.

“Sesungguhnya Allah SWT telah menetapkan satu kebaikan atas segala sesuatu. Jika kamu akan membunuh (yang dibenarkan menurut hukum Islam) maka bunuhlah dengan cara yang baik. Dan jika kamu akan menyembelih (ternak) maka sembelihlah dengan cara yang baik, tajamkan-lah mata pisaumu dan senangkanlah dalam penyembelihannya”. (HR. Muslim). 

Membunuh semua mahluk dilarang dalam Islam. Membunuh manusia sangat dilarang dan dosanya sangat besar, membunuh manusia hanya dibenarkan jika hanya untuk membela diri/dalam perang. Membunuh hewan juga dilarang dalam Islam, membunuh hewan hanya dibenarkan untuk hewan yang berbahaya (ular), menularkan penyakit (tikus) dll. Membunuh binatang/ternak yang halal untuk dimakan diperbolehkan, namun harus dengan cara yang baik.

3. Jangan berzina.

Berhubungan sex diluar pernikahan sangat dilarang, dan akan membawa ketidak beruntungan. Kasus perzinahan jika dibiarkan akan merusak kehidupan ; akan banyak perceraian, anak tidak ada yang urus urus, kriminal dll. Dalam Islam, mendekati perbuatan ini saja sudah dilarang : “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk”.(QS, 17:32). 

4. Jangan memakan harta anak yatim.

anak_yatimmm_thumb2“Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan penuhilah janji; sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya”. (QS, 17:34).

Anak yang tinggal mati oleh orang tuanya harus dibantu, jika tidak masa depannya akan buruk dan bisa berakibat buruk bagi masyarakat. Harta orang tuanya tidak boleh kita ambil/makan, kecuali jika di pakai untuk dikembangkan (berdagang) yang hasilnya pasti menguntungkan bagi anak yatim untuk dikembalikan kepada mereka.

5. Jangan menipu dalam berdagang.

tera-ulang“Dan sempurnakanlah takaran apabila kamu menakar, dan timbanglah dengan neraca yang benar. Itulah yang lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya”. (QS, 17:35).

Dalam berdagang harus fair, jangan menipu dan jangan curang yang akan merugikan pelanggan dan juga membuat persaingan menjadi tidak baik.

6. Jangan mengikuti apa yang kita tidak tahu.

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya” (QS, 17:36).

7. Jangan sombong.

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung”. (QS, 17:37). Kadang kesuksesan membuat kita merasa menjadi orang hebat dan memandang rendah orang lain, pada hal dimata Tuhan yang penting adalah ibadah dan budipekertinya.

Kerugian bagi yang tidak perduli :

1.Perbuatan dosa akan merugikan bagi kita, baik di dunia maupun di akhirat :

Hilang rezeki. 

“Dan seorang laki-laki dienyahkan baginya rezeki karena dosa yang dibuatnya” (HR At Tarmizi). “ Sesungguhnya seorang diharamkan rezeki baginya disebabkan dosa yang diperbuatnya”. (HR. Tirmidzi dan Al Hakim).

Kekal di dalam neraka.

“Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan”.(QS, 4:14).

Akan dilipat gandakan siksa/azab kecuali bertaubat.

Perbuatan dosa di atas amat dibenci Tuhan :  “Semua itu (hal di atas) kejahatannya amat dibenci di sisi Tuhanmu”. (QS, 17:34)

r14_24657385Akan mendapat balasan. “Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya)”. (QS, 25:68)

Akan dilipat gandakan. “Akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina, malam (QS, 25:69)

Taubat dan tetap dijalan yang benar. “Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertobat, ber-iman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar”(QS, 20:82).

Al Quran memang tuntunan / manual untuk hidup sukses di dunia dan akhirat, isinya adalah kabar gembira bagi yang berbuat kebaikan dan peringatan kepada yang berbuat keburukan.

Semoga kita dan keluarga dapat menjauhi semua keburukan. “Barang siapa mengajak kepada perbuatan yang baik, maka dia akan mendapat pahala seperti orang yang mengejakannya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun…..(HR Bukhori, Muslim).

 

Download PDF
Perbuatan Dosa akan akan menghilangkan rezeki kita. Reviewed by on . Agama islam mengajarkan tentang cara hidup yang baik, yang akan membawa kita selamat sejahtera di kehidupan dunia dan akhirat. Intinya ajarannya adalah bertakwa Agama islam mengajarkan tentang cara hidup yang baik, yang akan membawa kita selamat sejahtera di kehidupan dunia dan akhirat. Intinya ajarannya adalah bertakwa Rating: 0

Comments (9)

  • KarynWWohner

    Generally I do not read article on blogs, however I would
    like to say that this write-up very forced me to look
    at and do it! Your writing style has been amazed me. Thanks, very great post.

    Also visit my page; KarynWWohner

  • JuanJTatsuta

    I’m extremely impressed with the writing skills and in addition using the layout
    in your weblog. Is that this a paid theme or would you customize
    it yourself? In any case keep up to date the excellent
    quality writing, it’s rare to view a great blog this way one nowadays.

    Feel free to surf to my web site :: JuanJTatsuta

  • TeganBImme

    Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I’ve truly enjoyed browsing
    your blog posts. Whatever the case I am going to be
    subscribing for your feed and I i do hope you write again very soon!

    Feel free to visit my web-site; TeganBImme

  • JasminHDepue

    Hi there to all, it’s really a fastidious for me
    to pay a quick visit this web page, it contains precious Information.

    Also visit my website :: JasminHDepue

  • KindraKKincy

    My family each and every time say that I am killing my time at net,
    except I understand I am just getting knowledge every single day by
    reading such nice articles or reviews.

    Here is my weblog; KindraKKincy

  • LeeRCroxford

    Ahaa, its pleasant conversation regarding this post at this
    place around this blog, We have read everything that, so now me also commenting
    here.

    Check out my web-site :: LeeRCroxford

  • LoreRHarteau

    My spouse and I stumbled right here from your different website and thought I may
    also check things out. I really like things i see so now i’m following you.
    Look ahead to exploring your web page yet again.

    My website – LoreRHarteau

  • Alojamiento web

    Sebutkanlah satu persatu dosa-dosa tersebut.. Sehingga kita teringat saat melakukan dosa tersebut dan insya Allah jika kita bersungguh-sungguh dalam memohon ampunan Allah.. Air mata penyesalan akan keluar dengan sendirinya..Apakah harus di sebutkan satu persatu setiap dosa??? bagaimana kalau kita sudah lupa dosa apa saja yg kita perbuat !!! itu bagaimana? mohon jawabannya dengan sejelas2nya dan dan hadistnya apa supoaya tidak mengada2 jawabannya.Terimakasih.

    • admin

      Di dalam Al’Quran tidak saya temukan ayat agar kita mengingat dosa satu persatu, kalau hadist ada yang menyarankan agar kita menghitung antara dosa dan amal kita. Urusan taubat adalah urusan Allah dan semua kesalahan dapat diampuni, coba baca di artikel tentang taubet di web ini. http://www.thestraightway.info/thestraightway/taubat-akan-diterima/

Leave a Comment


nine + 3 =

scroll to top
Translate »
Facebook