Home » Budi Pekerti » Perbuatan baik akan dibalas lebih baik.

Perbuatan baik akan dibalas lebih baik.

January 22, 2018 10:21 pm by: Category: Budi Pekerti Leave a comment A+ / A-

“ Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sungguh akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sungguh akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (QS,16:97). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (QS, 22:50)

Berbuat baik adalah ajaran universal yang ada pada semua agama dan tradisi. Dalam islam berbuat sangat dianjurkan . Berbuat baik/amal soleh bukan hanya fokus ibadah kepada Allah swt saja,  tetapi juga meliputi cara bersikap dan membantu orang lain terutama pada saat krisis ketika banyak masyarakat yang kesulitan :

 picture2“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik, berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, semua kebaikan itu akan dibalas oleh Allah”. (QS, 002:195, 002:148, 003:115).

“Dan belanjakanlah (hartamu) di jalan Allah, janganlah kamu menjatuhkan dirimu ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik” (QS, 2:195). Jika Allah menyukai kita, maka jalan kehidupan kita akan menjadi mudah.

Mengapa kebaikan bermanfaat.

Berbuat baik sangat dianjurkan agama, namun harus dilakukan dengan hati yang ikhlas tanpa pamrih, beberapa manfaat  :

1. Kebaikan tidak akan sia-sia. “ Tidak ada balasan kebaikan kecuali dengan kebaikan pula” (QS, Ar Rachman:60). “Dan bersabar-lah karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan” (QS, Hud :115)

2. Kebaikan sekecil apapun akan dibalas. ”Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat atom, dia akan melihat balasannya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat atompun, dia pasti akan melihat balasannya” (QS 99 :7-8).

Picture13. Semua  kebaikan adalah sedekah.  “Senyumanmu adalah sedekah, anjuran untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan keburukan adalah sedekah, memberi petunjuk kepada seseorang yang tersesat di jalan adalah sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan adalah sedekah”. (HR. Bukhari). Melakukan kebaikan berarti menyenangkan / memudahkan  orang lain.

Balasan Berbuat baik.

1.Pahala kebaikan akan mengalir terus. 

“Jika manusia telah mati, maka putuslah amalnya kecuali tiga macam; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakan kedua orang tuanya”.(HR. Bukhori, Muslim).

2. Kebaikan berupa apapun akan dibalas.

“Allah akan menggantikan barang apa saja yang disedekahkan di jalan Allah dan akan menyempurna-kan pahalanya serta menambahkan karunianya”. (34:39). “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan”. (QS, 2:245)

bantuan3. Amal yang baik mendapat balasan 10 x lipat.

“Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya /dirugikan”. (QS, 6:160).  

4. Amal untuk hal bersifat jangka panjang akan dibalas 700 x lipat. 

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (QS, 2:261)

Balasan khusus bagi muslim yang beriman dan beramal saleh.

Seorang Muslim yang beriman kepada Allah dan juga melakukan amal saleh, akan mendapat balasan yang  istimewa.

1. Akan mendapat  balasan di akhirat dan di dunia.

Allah menyediakan bagi siapa berbuat baik diantara kamu pahala yang besar”. ( QS, 033:029). “Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (di dunia). Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya”.(QS, 10:26).

2. Mereka akan mendapat kebahagiaan perlindungan.

“Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik (QS, 13:29). Tidak khawatir akan perlakuan yang tidak adil (terhadapnya) dan tidak akan ada pengurangan haknya (QS, 20:112). Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati (QS, 2:277).  ia (Allah) melindungi orang-orang yang saleh (QS, 7:196)

3. Mereka akan menjadi penguasa di Bumi.

Dan Allah telah berjanji bahwa : Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Aku” (QS, 24:55). “Dan sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lohmahfuz, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hamba-Ku yang saleh”(QS,105) .

4. Mereka akan diberi kehidupan dan rezeki yang baik . 

“ Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sungguh akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sungguh akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (QS,16:97). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (QS, 22:50)

5. Mereka mendapatkan Surga. 

“Sesungguhnya Allah memasukan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhias-an dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera” (QS,.22:23).

Mengajak berbuat baik. 

Allah ingin kita selalu berbaik sangka dan berbuat baik, namun tetap waspada. Yang utama adalah diri kita selalu berbuat baik, setelah itu kita diminta untuk mengajak orang lain untuk berbat baik, ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang hal itu antara lain;.

121. Allah ingin muslim mengajak orang berbuat baik. “Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran” (QS, 003:110).

 2.Kita harus selalu saling mengingatkan berbuat baik. “Sesungguhnya manusia dalam keadaan rugi, kecuali orang yang saling mengingatkan dalam kebaikan dan saling mengingatkan dalam kesabaran (QS 103).

3. Dianjurkan membentuk organisasi untuk mengajak berbuat baik. “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang baik dan mencegah kemunkaran; merekalah orang-orang yang beruntung” (QS, 3:104).

 4. Dapat pahala berantai seperti MLM. Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan/ petunjuk, maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya. tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Barang siapa mengajak orang kepada kesesatan, maka dia mendapatkan dosa seperti dosa orang-orang yang melakukannya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun” (HR. Muslim).

 Terakhir agar jangan menunda waktu untuk beramal/berbuat baik “Bersegeralah kalian beramal sebelum datangnya tujuh perkara. Apa yang kalian tunggu adalah: ☀Kemiskinan yang melalaikan, ☀Kaya yg menyombongkan, ☀Sakit yg merusak tubuh, ☀Tua yang melemahkan, ☀Kematian yang cepat , ☀Dajjal seburuk makhluk yg dinantikan, ☀Kiamat yg terbesar bencananya dan terpahit dideritanya.

Semoga kita mampu berbuat baik, serta mengajak keluarga dan teman kita untuk melakukan hal yang baik;  Allah telah membuat sesuatu janji yang benar, dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah?” (QS, An Nisa: 122) “Sampaikanlah walaupun hanya satu ayat“ (HR. Muslim).

Download PDF
Perbuatan baik akan dibalas lebih baik. Reviewed by on . “ Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sungguh akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik “ Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sungguh akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik Rating: 0

Leave a Comment


9 × seven =

scroll to top
Translate »
Facebook