Home » Budi Pekerti » Senyummu adalah sedekah.

Senyummu adalah sedekah.

September 1, 2017 5:55 am by: Category: Budi Pekerti Leave a comment A+ / A-

picture1

Agama ingin umatnya selalu bahagia dan membahagiakan, karena itu kita dianjurkan banyak tersenyum : “Senyumanmu terhadap saudaramu adalah sebagai suatu sedekah” (HR. Bukhori). Senyum kita akan membuat orang sekitar kita ikut berbahagia.

Manfaat senyum.

Senyum adalah anugrah dari Tuhan, tersenyum akan membuat orang senang dan nyaman. Jika anda ingin kebanyakan orang senang dengan anda, anda tidak perlu membayar dengan harga mahal, cukup tersenyum setiap berjumpa dengan siapa saja. 

senyumSenyum dianggap sedekah karena senyum akan membawa kebahagian kepada orang-orang yang ada disekitar anda, seperti Halo effect (lingkaran) pada bulan purnama. Senyum anda akan membuat kebanyakan orang tersenyum juga kepada anda, hal ini tentu akhirnya akan membuat anda menjadi lebih nyaman dan bahagia.

Senyum akan menyebabkan otot-otot wajah menguat, sehingga anda akan menjadi tampak lebih muda. Senyum ceria yang keluar dari dalam hati adalah lebih baik, semakin tulus hati anda senyum akan semakin sempurna dan semua akan tercermin di wajah anda ; “Wajah adalah cermin dari hati”.(HR.-Muslim).

Senyum akan membekas.

Bayangkan jika pagi hari boss anda menyapa dan tersenyum, mungkin seharian anda akan lebih bahagia dan semangat untuk bekerja. Demikian juga jika pagi hari anda Bapak/Ibu guru/orang tua, tersenyum kepada anak tentu akan membuat anak itu bahagia seharian. Jika anda Pedagang, banyak tersenyum kepada pelanggan akan membuat mereka nyaman dan loyal kepada anda.

po2Karena itu urusan senyum tidak bisa disepelekan, sesuai hadist : “Jangan meremehkan sedikitpun tentang kebaikan meskipun hanya menjumpai kawan dengan berwajah ceria”, (HR. Muslim).

Walau anda penguasa, artis atau konglomerat, semua kurang berarti jika wajah dan perilaku anda tidak baik. Karena semua hanya akan membuat orang kesal, sakit hati dan mungkin iri hati.

“Kamu tidak bisa memperoleh simpati semua orang dengan hartamu, tetapi dengan wajah yang menarik (simpati) dan dengan akhlak yang baik” (HR. Abu Ya’la dan Al-Baihaqi).

Nabi Muhammad selalu senyum dan berahlak baik.

“Aku tidak pernah melihat seorangpun lebih banyak tersenyum dari pada rasulullah SAW (Tirmizi, ahmad). “Sejak aku masuk Islam, setiap kali Rasulullah berpapasan dengan-ku atau melihatku, beliau pasti tersenyum.” (HR. Al-Bukhari)

Ali: “Rasulullah selalu tampak riang, ramah bergaul, bersikap lembut, tidak keras, tidak kasar, serta tidak suka berteriak-teriak di pasar, tidak berkata-kata kotor, serta tidak suka mecela maupu memuji”. (HR. Tirmizi).

“Sesungguhnya Allah itu indah dan senang kepada keindahan, bila seorang ke luar untuk menemui kawan-kawannya hendaklah merapikan dirinya” (HR. Al-Baihaqi).Managelah emosi anda agar tenang, sabar dan selalu tersenyum.

Jangan tertawa terbahak-bahak. Aisyah : “Belum pernah aku melihat Rasulullah tertawa terbahak-bahak hingga kelihatan anak lidah beliau. Namun beliau hanya tersenyum.” (HR. Muttafaq ‘alaih)

Jangan cemberut / muram.

g1Berwajah muram tidak disukai Allah :“Sesungguhnya Allah membenci orang yang selalu berwajah muram di hadapan kawan-kawannya”. (HR. Ad-Dailami).

Wajah muram akan membuat orang tidak suka terhadap anda. Jika pagi hari Boss / Guru / orang tua sudah muram terhadap bawahan/ anaknya, pasti akan membuat akan membuat mereka takut dan kurang termotivasi dalam bekerja/belajar.  

Senyum adalah cara efektif membuat orang sekitar kita bahagia, membuat orang bersemangat, lebih produktif , merasa dekat dengan kita dan juga menambah pahala ibadah kita. Dan janganlah berwajah muram karena dapat merusak kebahagian dan semangat semua orang, juga akan membuat Allah dan orang sekitar membenci kita.

Cobalah berdiri di depan kaca dan tersenyum, pasti kita senang melihat wajah kita, lalu cobalah marah dan cemberut di depan kaca, pasti kita tidak suka dengan wajah kita sendiri, demikian juga dengan orang lain. 

“Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang-orang yang mengikuti-nya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun……“ (HR. Muslim). Sampaikanlah walau hanya satu ayat.

Download PDF
Senyummu adalah sedekah. Reviewed by on . Agama ingin umatnya selalu bahagia dan membahagiakan, karena itu kita dianjurkan banyak tersenyum : “Senyumanmu terhadap saudaramu adalah sebagai suatu sedekah” Agama ingin umatnya selalu bahagia dan membahagiakan, karena itu kita dianjurkan banyak tersenyum : “Senyumanmu terhadap saudaramu adalah sebagai suatu sedekah” Rating: 0

Leave a Comment


+ 4 = ten

scroll to top
Translate »
Facebook