Home » ibadah » Taubat akan diterima …..

Taubat akan diterima …..

December 30, 2017 12:14 am by: Category: ibadah 4 Comments A+ / A-

tumblr_inline_npysn2rMCK1s5f9dx_540Hidup adalah permainan yang berisi cobaan silih berganti : “…..Kami akan menguji kamu dengan dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya) dan hanya kepada Kami lah kamu akan dikembalikan” (QS, 21:35).  Selama menjalani kehidupan, kita akan mengalami berbagai kesulitan dan kesenangan, setelah itu  kita pasti akan mati dan akan ada perhitungan.

“Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertobat”. (QS, 17:25)

Banyak yang tidak tahan cobaan.

photolibrary_rm_photo_of_man_drinking_beer_at_barAdanya cobaan berupa kesulitan dan juga kesenangan membuat kita terlalu focus kepada urusan dunia. Kadang semua itu membuat kita lupa dan bahkan bersikap berlebihan. Sikap berlebihan seperti  frustrasi berlebihan, atau befoya-foya dll,  akhirnya  malah menjurus membahayakan diri kita sendiri ;   “Janganlah kamu mencampakkan diri kamu ke dalam kebinasaan” (QS, 2:195),  

Konsekuensi  berbuat dosa.

Banyak kepercayaan traidisional yang menyatakan bahwa perbuatan dosa akan membawa sial, atau ketidak beruntungan. Dalam islam perbuatan dosa juga akan mendapat  balasan :

Rejeki akan terhalang. 

“Tiada yang dapat menambah umur kecuali berbakti, tiada yang dapat menolak  takdir kecuali berdoa. Seseorang itu benar-benar terhalang dari rejeki karena dosa yang ia perbuat”. (HR Ibnu Majah, Al Hakim).    “Dan seorang laki-laki dienyahkan baginya rezeki karena dosa yang dibuatnya”. (HR At Tarmizi).

narkobaDibuka kesenangan kemudian diberikan musibah.

“Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan, Kami-pun membuka semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa”. (QS, 6:44).

Balasan yang sangat pedih.  

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari , maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih“ .(QS 14: 7). ). 

Tuhan maha pengampun.

bersyukur1-370x297Allah maha belas kasih.

“Janganlah kamu mencampakkan diri kamu ke dalam kebinasaan” (QS, 2:195), Jangan membuat bahaya dan membalas bahaya”. (HR. Ahmad, Ibu Majah). “Janganlah kamu membunuh diri-diri kamu, karena sesungguhnya Allah maha belas kasih kepadamu”. (QS, An Nisa:29).

Tuhan Maha Pengampun.

“Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertobat”. (QS, 17:25)

Dosa setinggi gunung akan diampuni.

“Akan datang pada hari kiamat segolongan manusia yang beragama Islam dengan dosanya setinggi /sebesar gunung, tetapi Allah memberikan ampunan kepada mereka”. (HR Muslim)

Allah menerima taubat yang sebenarnya /nasuha.

gesCatatan dosa akan dihapus.

“Apabila hambaku bertobat kepada KU, niscaya Kubuat semua anggota tubuhnya melupakan perbuatannya dan Kubuat tempat tinggalnya melupakan perbuatannya, serta Kubuat  para malaikat pencatat amalnya melupakan perbuatannya, sehingga mereka tidak dapat memberikan kesaksian yang memberatkan”. (Ibnu Asakir). Maka semua dosanya akan terhapus.

Taubat dan memperbaiki diri.

“Sesungguhnya Tuhanmu (mengampuni) bagi orang-orang yang mengerjakan kesalahan karena kebodohannya, kemudian mereka bertobat sesudah itu dan memperbaiki (dirinya); sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS, 16:119)

muslimah-taubatTaubat dan tidak meneruskan perbuatan dosa.

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui” (QS, 3:135). “Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertobat, ber-iman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar”(QS, 20:82)

Taubat yang sebenarnya akan masuk surga.

“Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal”.(QS, 3: 136).

Taubat yang tidak diterima.

Jika tambah tidak percaya Islam (kafir). “Sesungguhnya orang-orang kafir (tidak percaya)  sesudah beriman, kemudian bertambah kekafirannya, sekali-kali tidak akan diterima tobatnya; dan mereka itulah orang-orang yang sesat” (QS, 3: 90)

Sudah mendekati ajal. “Dan tidaklah tobat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan, hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan: “Sesungguh-nya saya bertobat sekarang” Dan tidak (pula diterima tobat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran / tidak percaya Allah. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih” (QS, 4:18).  Karena itu jika ingin memperbaiki diri sebaik bertaubat sekarang juga, karena kita tidak tahu ajal kita.

 Setelah terbit dari barat. “Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba selagi nyawa belum sampai di tenggorokannya, dan selagi matahari belum terbit dari arah barat.” (HR. At-Tirmidzi dan dinyatakan HASAN oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah). Selama matahari terbit dari timur taubat masih akan diterima.

Bertaubat itu seperti kita menguburkan dalam-dalam catatan yang salah dan jangan dibuka kembali, kemudian kita isi buku baru yang masih bersih dengan catatan-catatan yang baik dan bermanfaat,  sehingga akan berguna sampai kapanpun dan kita akan mendapatkan keberkahan.  “Allah telah membuat sesuatu janji yang benar, dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah?” (Q, An Nisa:122).

“Barang siapa yang mengajak kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seprti orang yang melakukannya, tanpa mengurangi  pahala mereka sedikitpun…..” (HR. Muslim).

Download PDF
Taubat akan diterima ….. Reviewed by on . Hidup adalah permainan yang berisi cobaan silih berganti : “…..Kami akan menguji kamu dengan dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya Hidup adalah permainan yang berisi cobaan silih berganti : “…..Kami akan menguji kamu dengan dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya Rating: 0

Comments (4)

  • HenryVUptain

    Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you penning this article as well
    as the remaining portion of the site is also really good.

    Feel free to visit my blog: HenryVUptain

  • GaleHIorio

    fantastic issues altogether, you just gained a new reader.
    What may you recommend with regards to your post that you simply made several days ago?
    Any certain?

    my webpage; GaleHIorio

  • MyrleYCiesco

    Wow, this article is fastidious, my younger sister is analyzing these things, so I am
    going to tell her.

    Check out my blog post … MyrleYCiesco

  • ErinPFrommer

    What’s up to all, the contents present at this web page are in fact
    awesome for people knowledge, well, keep up the good work fellows.

    Here is my blog – ErinPFrommer

Leave a Comment


eight + 8 =

scroll to top
Translate »
Facebook